Kemenag  ajak Masyarakat Ikuti Hari Sejuta Kiblat pada 27 Mei

JakartaIfaktual.com – Kementerian Agama (Kemenag) RI mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam gerakan Hari Sejuta Kiblat.

 

Dengan cara memanfaatkan momen Rashdul Qiblah atau Istiwa’ A’zham, ketika posisi matahari tepat di atas Kabah, yang berlangsung pada Senin (27/5/2024).

 

“Di saat Istiwa’ A’zham, siapa saja, tanpa perlu memiliki keahlian atau perangkat teknologi khusus, bisa meluruskan arah kiblatnya sendiri,” kata Adib Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag RI dilansir Antara, Kamis (23/5/2024).

 

Adib menjelaskan, hal itu memungkinkan masyarakat untuk meluruskan arah kiblat. Karena pada waktu yang telah diperhitungkan melalui metode ilmu falak, bayangan semua benda yang berdiri tegak lurus akan sejajar dengan arah kiblat.

 

Peristiwa astronomi ini, ungkap dia, terjadi dua kali dalam setahun, umumnya pada tanggal 27-28 Mei dan 15-16 Juli, ketika deklinasi matahari sama dengan lintang geografis Kabah.

 

Menurut Adib, Hari Sejuta Kiblat ini bukan untuk mengubah arah kiblat, terutama bagi masjid yang sudah diukur sebelumnya.

 

Namun, acara ini bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa masyarakat dapat mengukur arah kiblat dengan mudah pada tanggal itu.

 

“Momen istiwa’ a‘zham ini bersifat konfirmatif sehingga jika sudah benar, momen ini akan menegaskan kebenaran arah kiblat. Jika belum benar atau ada keraguan, ini menjadi kesempatan terbaik untuk memverifikasi arah kiblat,” ujar Adib.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *