Sukseskan Program Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 0804/05 Poncol Bantu Petani Pemasangan Pompa Air di Lahan Pertanian

Sukseskan Program Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 0804/05 Poncol Bantu Petani Pemasangan Pompa Air di Lahan Pertanian

Magetan.ifaktual.com – Babinsa Koramil 0804/05 Poncol jajaran Kodim 0804/Magetan Serda Darwani, dan Serda Sumanto bersama Petugas Penyuluh Pertanian serta Ketua Poktan Lakukan Program Pompanisasi dari Kementrian Pertanian di Lahan Pertanian Desa Plangkrongan, dan Desa Janggan, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Jumat(24-05-2024)

 

Program Pompanisasi Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Pusat sampai ke tingkat Pedesaan dapat terwujud dengan adanya dukungan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang diserahkan kepada Kelompok Tani (Poktan) di setiap Kecamatan atau Desa yang mendapatkannya.

 

Kecamatan Poncol pada kesempatan ini mendapatkan 2 unit Pompa air yaitu Pompa dengan bahan bakar bensin, dimana 2 unit tersebut dibagi 1 unit untuk Desa Plangkrongan dan 1 unit untuk Desa Janggan.

 

Pemasangan dua unit pompa ini dilakukan dalam satu hari dan dua duanya berhasil dialirkan. untuk dari Desa Janggan pengambilan sumber air dari Bendungan sedangkan Desa Plangkrongan dari  aliran Sungai. masing- masing lokasi sudah ditentukan saat tinjau lapang dari dua bulan yang lalu.

 

Petugas Penyuluh Pertanian yang merangkap Petugas Statistik Balai Penyuluh Pertanian Kec. Poncol Bapak  Sayogo Pamungkas, S.T.P. mengatakan bahwa program pompanisasi tahun ini tujuan utamanya adalah menambah Indek Pertanaman (IP) dalam satu musim tanam tahun ini terutama tanaman jagung sebagai sumber pangan warga.

 

“Tujuan utama untuk meningkatkan Luas tambah tanam terutama Padi, yang biasanya satu kali menjadi dua kali dalam satu musim”, Terang PPL.

 

Babinsa Desa Plangkrongan dan Desa Janggan Koramil 0804/05 Poncol mengatakan bahwa akan selalu siap untuk bekerja bersama dengan para petani dan petugas penyuluh dalam rangka pendampingan program pemerintah untuk meningkatkan pertanian khususnya di desa binaan dalam rangka mensukseskan program Pompanisasi Kementan RI.

 

Saya berharap bersama Poktan, Petugas Penyuluh, dan warga bekerja dan hasilnya dapat terwujud dan berhasil, “Ungkap Serda Darwani”(R 05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *