News  

Babinsa Bersinergi Dengan Kelompok Tani Kerja Bhakti Memperbaiki Akses Jalan Dan Irigasi Pertanian

Nganjuk – Babinsa Desa Grojogan Peltu Andrias anggota Koramil 0810/04 Berbek Kodim 0810/Nganjuk melaksanakan pendampingan Ketahanan Pangan kepada Kelompok tani Lumintu yaitu kerja bhakti pembersihan dan pembenahan saluran irigasi di Dusun Bringkil Desa Grojogan Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk Jawa Timur, Minggu (2/06/2024).

Saluran irigasi sangat berperan bagi para petani karena para petani dapat memanfaatkan air dari irigasi untuk mengairi lahan pertanian pada saat diperlukan.Peltu Andrias bersama Poktan Lumintu membersihkan saluran irigasi agar lebih optimal.

Menurut Peltu Andrias, kegiatan pagi ini merupakan salah satu wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat sekaligus upaya khusus dalam bidang pertanian. Saluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air pertanian harus terus dijaga kelancarannya, sehingga sektor pertanian mampu menghasilkan panen yang baik untuk mendongkrak kesejahteraan para petani.

kegiatan kerja bhakti perbaikan saluran irigasi untuk memperlancar aliran air yang sangat dibutuhkan oleh para petani.“Perbaikan saluran irigasi sangat penting untuk kelancaran irigasi ke sawah warga, sehingga kita gototong-royong melakukan perbaikan agar saluran yang rusak dapat segera selesai,” ucap Babinsa.

Setelah beberapa hari kerja keras, hasilnya pun terlihat. Saluran air yang bersih dan jalan akses pertanian yang diperbaiki telah meningkatkan kualitas hidup petani. Mereka kini dapat dengan mudah mengakses lahan pertanian mereka dan mengoptimalkan hasil panen.

Kerja bakti ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi petani, tetapi juga memperkuat ikatan sosial di antara warga dusun. Semangat gotong royong yang diresapi dalam proses ini menjadi contoh inspiratif bagi banyak warga dusun lainnya, menunjukkan bahwa dengan bersatu, kita dapat mengatasi berbagai tantangan dan mencapai kemajuan bersama.

“Diharapkan dengan adanya pengairan yang baik hasil pertanian warga dapat meningkat sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat yang gemah ripah loh jinawi terutama di wilayah Desa Grojogan,”harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *